Sabtu, 03 November 2012

Karya Tulis Ilmiah


KARYA ILMIAH
RENDAHNYA KEDISIPLINAN SISWA

A.      Pendahuluan
1.      Latar Belakang Masalah
           Untuk mencapai suatu keberhasilan seseorang harus mulai hidup disiplin, kedisiplinan harus dimulai dari kecil agar saat dewasa nanti seseorang tersebut biasa mencapai suatu keberhasilan. Dan kedisiplinan dapat dimulai dari lingkungan keluarga , kemudian lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Kedisiplinan berasal dari kata disiplin yang berarti ta’at dan patuh terhadap suatu peraturan yang berlaku. Namun menyimak dan menyaksikan pemberitaan di media massa dan elektronik akhir-akhir ini menggambarkan bahwa tin gkat kedisiplinan siswa umumnya masih tergolong memprihatinkan. Sebenarnya apa yang menyebabkan tingkat kedisiplinan para siswa tersebut rendah ? sehubung dengan hal itu, karya tulis ini akan membahas tentang masalah kedisiplinan tersebut.

2.      Perumusan Masalah
a.      Apa yang menyebabkan rendahnya kedisiplinan siswa ?
b.      Bagaimana cara mengatasi dan meningkatkan kedisiplinan siswa ?

3.      Tujuan Penelitian
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya kedisiplinan siswa. Dengan adanya karya ilmiah ini dapat menanmkan kesadaran akan kedisiplinan serta menjadikan kedisiplinan bagian dari kesuksesan dan mengantisipasi diri dari sikap tidak disiplin.

B.      Isi

         Menyimak dan menyaksikan pemberitaan di media masa dan elektronik akhir-akhir ini menggambarkan bahwa tingkat kedisplinan siswa umumnya masih tergolong memprihatinkan. Kuantitas pelanggaran yang dilakukan siswa semakin bertambah dari waktu ke waktu. Dari berbagai jenis pelanggaran tata tertib sekolah misalnya banyaknya siswa yang bolos pada waktu jam pelajaran, perkelahian, terlambat datang ke sekolah, sering tidak masuk sekolah, sering tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru dan lain-lain. Secara garis besar banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa akan berpengaruh terhadap kemajuan dan prestasi belajar di sekolah.
         Penyebab ketidakdisiplinan siswa adalah kurang jelasnya peraturan dan sanksi bagi siswa yang melakukan pelanggaran, siswa belum paham akan manfaat disiplin. Upaya mengatasi ketidak disiplinan tersebut adalah dengan cara memberikan sanksi-sanksi dan pengawasan dari pendidik secara jelas dan tertulis. Bentuk sanksi bisa berupa hukuman, pembinaan atau surat pernyataan. Sanksi berupa pembinaan akan diserahkan ke BK. Jika dalam pembinaan  BK siswa diketahui mempunyai masalah yang melatarbelakangi perbuatan pelanggaran, maka siswa tersebut akan ditindak lanjuti dalam bentuk layanan konseling.
         Menciptkan kedisiplinan siswa bertujuan untuk mendidik siswa agar sanggup memerintahkan diri sendiri. Mereka dilatih untuk dapat menguasai kemampuan , juga melatih siswa agar ia dapat mengatur dirinya sendiri, sehingga para siswa dapat mengetahui kekurangan atau kelemahan yang ada pada dirinya sendiri.

C.      Penutup
1.      Kesimpulan
       Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa disiplin itu sangat diperlukan karena dalam aplikainya kedisiplinan sangat berguna sebagai tolak ukur mampu atau tidaknya seseorang dalam menaati peraturan yang sangat penting bagi stabilitas kegiatan belajar. Selain itu sikap disiplin sangat diperlukan untuk masa depan untuk pengembangan watak dan pribadi seseorang, sehingga menjadi tangguh dan dapat diandalkan bagi seluruh pihak

2.      Saran
a.      Seharusnya pihak sekolah bisa lebih meningkatkan kedisiplinan yang ada di sekolah supaya para siswa tidak melanggar lagi tata tertib yang sudah diterapkan oleh sekolah.
b.      Seharusnya guru pembimbing yang ada disekolah bisa lebih meningkatkan ketegasan agar para siswa juga mempunyai rasa takut untuk melanggarnya dan tidak mengulanginya lagi
c.       Sebaiknya guru BK lebih memperhatikan siswa yang terlalu sering melanggar tata tertib yang sudah diterapkan oleh pihak sekolah dengan memanggil dan memproses siswa tersebut dan ada baiknya diberi sanksi yang dapat membuat siswa tidak mengulangi pelanggaran itu kembali
Dalam karya tulis ini, sebisa mungkin sebagai penulis memberikan informasi dan keterangan yang semaksimal mungkin agar pembaca dapt menambah ilmu pengetahuan dari karya tulis ini. Kedisiplinan itu sendiri pastinya juga perlu dipelajari lagi karena kedisiplinan awal dari kesuksesan yang akan kita capai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar